Selasa, 17 Juni 2014

TIPS DAN CARA MENGHILANGKAN BETE

Hallo teman” berhubung beberapa hari ini saya sering merasa BETE , pada kesempataan ini saya akan memberi beberapa tips dan cara untuk menghilangkan perasaan BETE kepada teman” , ya walaupun gampang-gampang susah sih ngilanginnya tapi kalo dengan niat yang kuat dan juga usaha yang sama kuatnya pasti bisa mengilangkannya. Tapi pasti kamu bertanya-tanya apasih BETE itu? bagi sebagian orang ,bete itu adalah males berbuat apa-apa, lagi kesel sama orang, gaada kegiatan yang mengasikan, dan terakhir kalo liat dia sama orang lain apalagi jadian sama orang lain haha. Nah langsung aja ni tips dan cara dalam menghilangkan perasaan bete kamu:

1. Tarik napas dalam”….hembuskan….lakukan terus-menerus sampai kamu merasa lega, lalu gunakanlah akal pikiran kamu untuk menganalisis apa untung/rugi jika kamu BETE. Jika cara ini berhasil membuat kamu untuk tidak BETE lagi , maka kamu adalah orang yang benar” bisa menguasai emosi kamu dengan baik. Analisis untung/rugi ini bisa saja dilakukan sebelum merasa BETE untuk mencegah BETE.

2. Bila cara yang diatas tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik atau muratal qur’an(jika kamu seorang muslim). Jika hanya dengan mendengar tidak berhasil juga, cobalah untuk mengikuti irama musik/ menyanyikan lagu yang kamu dengar. Jika dalam kasus ini kamu memilih mendengar muratal qur’an maka cobalah untuk melafazkan ayat-ayatnya. Saya yakin tidak ada orang yang menyanyi sambil marah-marah dan bete (bahkan jika memang lirik dan iramanya kaya yang lagi marah”), begitu juga dengan membaca ayat-ayat suci al-qur’an.

3. Jika kamu BETE sampe batas maks dan marahnya sampai tidak bisa bernyanyi atau membaca al-qur’an maka langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah : BerWudhu,(jika kamu seorang muslim) atau sekedar membasuh muka, kepala dan rambut dengan air dingin (jangan paki air panas, kalo pake air panas bisa” kulit kamu mengelupas atau terbakar). Marah itu ibarat api dan cara memadamkannya tentu saja dengan air. Jika ingin mencoba cara yang lebih manjur, cobalah mandi dengan air dingin. Atau sekedar menceburkan diri ke kolam air dingin (kalo yang ini sih rada” ekstrim). Cara ini bisa mendinginkan kepala kamu dan membuat kamu bisa berpikir lebih jernih.

4. Jika dengan air kamu tidak bisa menjernihkan pikiran kamu untuk berpikir dengan kepala dingin, maka ada 2 penyebabnya yaitu : 1. Karena otak anda tidak mempunyai energi untuk berpikir; 2. Karena kamu tidak bisa menggunakan otak anda untuk berpikir (ini BETE yang sudah maks).

a. Jika kemungkinan 1 yang terjadi maka cara memecahkanya tentu saja dengan mengisi energi untuk otak kamu. Ada dua cara yang bisa dilakukan: 1. Makan; 2. Tidur. Saya yakin tidak orang yang bisa marah” ketika sedang makan, karena tentu saja mulutnya sedang sibuk mengunyah makanan ,kalo sambil marah” kan nanti keselek . Saya sarankan untuk makan makanan yang kamu sukai, jika anda BETE dan anda malah makan makanan basi, saya yakin bukannya sembuh kamu malah akan tambah BETE soalnya bayar pengobatan karena diare . Dan saya yakin juga tidak ada orang yang bisa marah” ketika dia lagi tidur (kecuali ngigau).

b. Jika kemungkinan kedua yang terjadi, atau mungkin anda sebegitu BETEnya sampai untuk makan dan tidur pun tidak bisa, maka tidak ada jalan lain selain marah untuk melampiaskan BETE kamu, tapi tentu saja jangan lampiaskan amarah ini pada orang” yang tidak bersalah karena ini akan merugikan orang” tersebut. Cobalah lampiaskan amarah ini pada orang yang menyebabkan BETE ini, atau jika kamu tidak bisa marah kepada orang tersebut (karena masalah jabatan misalnya) maka cobalah kamu cari ruang terbuka yang luas, lalu teriakan semua kekesalan anda atau lampiaskan amarah kamu pada karakter khayalan.

Misalnya ketika kamu sedang kesal luar biasa terhadap guru kamu (sebut saja “MR”) dan tidak mungkin melampiaskan amarah kamu kepada si “MR” tersebut karena bisa” nilai anda langsung berubah jadi ‘E’, cobalah bantal/guling bisa juga boneka sebagai si “MR” itu, lalu lampiaskan amarah kamu pada bantal/guling itu. Coba kamu lakukan di kamar jika sedang dalam keadaan sepi. Di keadaan rame juga boleh tapi saya tidak menyarankannya karena saat banyak orang kamu bisa” disangka orang kamu kurang waras.

Jika kamu sudah puas melampiaskan amarah kamu dan perasaan BETE kamu , lakukan kembali langkah” yang sudah saya sebutkan diatas untuk benar” menghilangkan perasaan BETE ini, lalu minta maaflah kepada orang yang kamu jadikan pelampiasan (jika memang dilampiaskan pada seseorang.

5. Curhat ke orang yang dipercaya. Manusia adalah makhluk sosial, yang berati dia tidak bisa hidup tanpa orang. Dalam kasus BETE itu, jika dengan curhat ke seseorang itu bisa sedikit meringakan beban yang kita rasa, kenapa tidak? lagipula kalo ditahan” malah gawat, bisa” nanti malah meledak dan lagian kalo nahan bete itu gak enak , coba aja pasti gak enak .

6. Melakukan sesuatu atau melihat sesuatu yang bisa bikin kita ketawa . Bagaimanapun juga gak mungkin ada orang yang ketawa sambil marah”, kecuali orang itu sudah terganggu jiwanya. Misalnya, (seperti yang disebutkan aidilla pradini), nonton the simpson atau madagascar. Bisa juga kamu meminta teman anda untuk melawak untuk kamu. Atau kalo mo ekstrim, anda bisa mengelitiki diri kamu sendiri dan tertawa sendiri.

7. Nah yang terakhir adalah nangis ya yang biasanya ini dilakuin sama perempuan karena kalo buat laki” takut disangka cengeng tapi gak ada salahnya sih mau laki” atau perempuan kalo bisa melepaskan beban masalah yang ada di hati, pikiran dan otak kita kan gak apa-apa yang penting perasaan kita bisa sedikit lega.

Nah itu beberapa tips dan cara dalam mengatasi rasa bete kamu. sekian dari saya, semoga tips dan cara ini bisa bermaanfat bagi teman” yang membacanya. Amin. GOOD LUCK & tetap semangat yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar